Pages

Subscribe:

Labels

Rabu, 21 September 2011

Informasi Sertifikasi TI Internasional


Informasi Sertifikasi TI Internasional

Waktu itu saya pernah memposting mengenai Tips Diterima Bekerja di Bidang TI , yang bersumber dari tabloid PCplus. Dimana salah satunya kita dianjurkan menggaet Sertifikasi TI Internasional. Baru-baru ini PCplus telah menambahkan informasi mengenai sertifikasi tersebut, sengaja saya posting untuk share ke teman-teman yang mungkin mempunyai minat di TI sama seperti saya.

Sertifikasi buka sekedar selembar kertas. Memilikinya bisa menambah rasa percaya diri kamu.Saat ini, sertifikasi internasional memang makin menjadi standar di dunia Teknologi Informasi. Tak heran jika kemudian banyak perusahaan yang mencari karyawan yang telah memilkinya karena itu berarti keahliannya di bidang TI.

Umumnya, sertifikasi internasional dikeluarkan oleh perusahaan yang mengeluarkan produk dan jasa teknologi informasi seperti Cisco, Microsoft, Oracle, dan IBM. Selain itu, ada juga yang dikeluarkan asosiasi yang independen--sebut saja CompTIA (Computing Technology Industry Association) yang merupakan konsorsium nirlaba banyak perusahaan teknologi informasi danAustralian Computer Society (ACS)

Meski ada banyak sertifikasi internasional yang tersedia, biasanya seorang profesional TI hanya mendalamisalah satu bidang saja--apakah itu jaringan, sistem operasi, pemrogramman, database, perangkat keras, komputer atau aplikasi web.

  • Sertifikasi Sistem Operasi
    Tertarik mendalami bidang sistem operasi jaringan? Ada beberapa jenis sertifikasi yang bisa kamu pilih.

    Microsoft mengeluarkan sertifikasi internasional bertajuk MCSA (Microsoft Certified Systems Administrator) dan MCSE (Microsoft Certified Systems Engineer). Keduanya diperuntukkan bagi sistem operasi Windows Server 2003. Sedangkan buat kamu yang butuh mengambil Windows Server 2008, Microsoft juga menyediakan sertifikasi Microsoft Certified Technology Specialist (MCTS) dan Microsoft Certified Information Technology Professional (MCITP) Enterprise Administrator.

    Kerap menggunakan linux? Kamu bisa coba mengambil sertifikasi Linux Certified Administrator (LCA) atau Linux Certified Engineer (LCE) dari SAIR. Ada juga Redhat Certified Engineer (RHCE) yang dikeluarkan oleh perusahaan Linux RedHat. Selain itu ada juga sertifikasi Unix yang dikeluarkan oleh Sun Microsystem.
  • Sertfikasi Jaringan
    Untuk bidang sertifikasi jaringan, kamu bisa mengambil besutannya Cisco Systems.

    Secara garis besar, ada dua bidang yang ditawarkan yakni implementasi dan desain. Para pemula bisa mencoba menggaet Cisco Certified Network Associate (CCNA) untuk implementasi dan Cisco Certified Design Associate (CCDA) untuk desain. Sedangkan untuk tingkat menengah, tersedia Cisco Certified Network Professional (CCNP) danCisco Certified Design Professional (CCDP). Kamu termasuk Profesional ahli ? Berarti kamu layak mengambil sertifikasi Cisco Certified Internetwork Expert (CCIE).

    Selain Cisco, perusahaan lainnya yang menawarkan sertifikasi jaringan adalah 3COM dan Avaya.
  • Sertifikasi Pemrogramman
    Buat kamu yang demen membuat aplikasi, sertifikasi di bidang pemrogramman layak jadi pilihan. Microsoft menyediakannya memlalui Microsoft Certified Professional Developer(MCPD)--cocok bagi yang banyak bergelut dengan di bidang teknologi .NET, seperti Visual Basic .NET, Visual C#, dan ASP.NET.

    Di luar Microsoft, ada Sun Microsystems yang mengeluarkan sertifikasi bahas pemrogramman Java. Untuk level pemula, Sun Certified Java Associate (SCJP) dan Sun Certified Jave Developer (SCJD). Selain itu, sertifikasi lainnya dari Sun untuk Java adalah Sun Certified Web Component Developer (SCWCD), Sun Certified Business Component Developer (SCBCD), Sun Certified Developer Java Web Services (SCDJWS),Sun Certified Mobile Application Developer (SCMAD, dan Sun Certified Enterprise Architect (SCEA).
  • Sertifikasi Database
    Untuk urusan database, Oracle adalah nama yang wajib disebut. Maklum, database Oracle merupakan database yang besar dipakai di dunia bisnis.

    Sebagai pemula, kamu bisa mengambil sertifikasi Oracle Certified Associate (OCA). Jika sudah lebih mahir, silakan meneruskannya dengan sertifikasi Oracle Certified Professional (OCP). Sedangkan para master silakan coba ambil Oracle Certified Master(OCM).

    Selain Oracle, Microsoft juga memilik sertifikasi untuk bidang database. NamanyaMicrosoft Certified Database Administrator (MCDBA).
  • Sertifikasi Perangkat Keras Komputer
    Untuk bidang perangkat keras komputer, sertifikasi A+ yang dikeluarkan oleh CompTIA banyak dicari oleh para profesional TI. Tapi inidikhususkan untuk PC. Sedangkan untuk Server, CompTIA mengeluarkan sertifikasi Server+.

    Selain itu vendor perangkat keras seperti HP, IBM, Delt, dan fujitsu juga mengeluarkan sertifikasi sendiri untuk perangkat keras yang mereka produksi.
     
  • Sertifikasi Aplikasi Web
    Ingin diakui bahwa kamu menguasai pembuatan aplikasi web? Kalau begitu, kamu kudau mengambil sertifikasi Certified Internet Web Professional Program (CIW). Jika termasuk pemula di bidang web, mulailah dengan sertifikat CIW Associate. Jenjang selanjutnya adalah CIW Professional, diikuti dengan CIW Master sebagai level tertinggi. Semua jenjang sertifikasi tersebut berlaku untuk jalur desainer, administrator, web site manager, dan Enterprise Developer.
Sertikasi Internasional ini dapat kamu dapatkan dengan mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh para testing provider yakni Prometric dan Virtual University Enterprise (VUE) yang ada beberapa di kota besar seperti : Jakarta, Surabaya, Semarang, Bandung, Medan, dan Jogjakarta. Biasanya sih mereka juga merupakan lembaga pelatihan atau training center TI.

Semoga bermanfaat ..
sumber :http://www.franco.web.id/2010/02/informasi-sertifikasi-ti-internasional.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar